Turnamen Futsal Piala Bergilir Menkominfo Meriahkan Peringatan Hari Bhakti Postel ke-73

PWRIonline.com

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama komunitas Pos Indonesia dan telekomunikasi menggelar Turnamen Futsal ke-11 memperebutkan piala bergilir Menkominfo dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Bhakti Postel ke-73.

“Rangkaian acara Hari Bhakti Postel disiapkan salah satu tujuannya adalah untuk menjaga silahturahmi dan memperkuat kerjasama yang sudah ada diantara pemangku kepentingan selama ini agar ekonomi digital bisa maksimal membawa kesejahteraan bagi bangsa,” ungkap Sekretaris Ditjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo R. Susanto saat membuka Turnamen Futsal ke-11 memperebutkan Piala Bergilir Menkominfo di Jakarta, Sabtu (15/09/2018).

Menurutnya Susanto, transaksi bisnis berbasis aplikasi yang semakin menjamur merupakan salah satu indikator perkembangan ekonomi digital saat ini. Pemilihan tema relevan dengan era digital yang bergantung pada optimalisasi konten dan aplikasi. “Juga harus ditopang dengan infrastruktur yang kuat dan spektrum frekuensi adalah salah satu infastruktur jaringan yang harus disiapkan,” ungkapnya.

Ajang turnamen Futsal yang digelar secara rutin diadakan dalam rangka Hari Bhakti Postel ini bisa makin membuat semua pelaku usaha di sektor telekomunikasi dan pos makin guyub dan kompak.

“Kami mendorong adanya kolaborasi dari semua pihak seperti dalam memperingati Hari Bhakti Postel ke-73, dimana semua pelaku industri, media,  dan regulator terlibat untuk mempersiapkan perubahan-perubahan dari era dan konvensional menjadi era digital. Aplikasi dan konten hanya bisa berjalan bila infrastruktur jaringannya diperkuat. Kedepan kita akan ajak para pemain digital untuk ikut juga memperingati Hari Bhakti Postel,” katanya.

Chief of Committee Hari Bhakti Postel ke-73 yang juga CEO Pos Indonesia Gillarsi W. Setijono mengatakan tahun ini peringatan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini Komunitas Kominfo sepakat memasukkan unsur edukasi dan hiburan terutama yang berkaitan dengan digital agar masyarakat makin terbiasa dengan ekonomi digital.

“Komunitas Pos dan Telekomunikasi terus membuka diri bagi pemain digital seperti financial technology atau aplikasi untuk ikut membangun Indonesia bersama-sama,” katanya.

Wakil Ketua Pelaksana Hari Bhakti Postel yang juga Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menambahkan masyarakat digital (digital society) adalah realitas yang tak terelakkan pada abad 21, dan Indonesia telah menjadi bukti nyata bagaimana komunitas digital mengubah banyak sektor kehidupan manusia.

“Transformasi itu tampak nyata dalam sektor perbankan, pendidikan, dan layanan pemerintah. Penggerak utama proses perubahan dari kelompok usia milenial,” tuturnya.

Setiap tanggal 27 September diperingati sebagai Hari Bhakti Postel oleh semua pegawai di jajaran pos dan telekomunikasi. Pemilihan tanggal itu bertolak dari momen pengambialihan Jawatan Pos Telepon dan Telegraf (PTT) dari kekuasaan pemerintahan Jepang oleh putra-putri Indonesia yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon (AMPTT) pada tanggal 27 September 1945.

Kini Hari Bhakti Postel diperingati setiap tahun oleh Komunitas Komunikasi dan Informatika yang terdiri dari lembaga pemerintah, penyelenggara layanan telekomunikasi, media, dan pegiat telekomunikasi baik yang masih aktif maupun sudah pensiun dari kedinasan masing-masing. Tema peringatan tahun ini adalah Ekonomi Digital untuk Kesejahteraan Bangsa.

Sejumlah acara disiapkan untuk memperingati Hari Bhakti Postel seperti Upacara Peringatan Hari Bhakti Postel, Bandung ICT Expo & Digital Broadband Summit 2018, Fashion Action, Turnamen Futsal, Indonesia Digital Entertainment Festival, dan Turnamen Golf.*(Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.