Suriyanto: Partai Nusantara Coba Beri Warna Baru Bagi Eksistensi Demokrasi

PWRIONLINE.COM
Jakarta – Tidak ada Demokrasi Tanpa Politik, dan Tidak ada Politik Tanpa Partai. Pernyataan ilmuwan politik Clinton Rossiter, menjadi semacam inspirasi bagaimana membangun demokrasi yang sehat, berbasis partai politik.
“ Partai politik ini membawa nyawa bagi demokrasi. Eksistensi partai sangat penting, mereformasi  partai, berarti linear dengan upaya memperbaiki kualtas demokrasi.
Di tengah dinamika partai politik yang ada di Indonesia, Partai Nusantara mencoba memberi warna baru bagi eksistensi demokrasi itu sendiri,” kata DR. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn, Ketua Umum Partai Nusantara, dalam perbicangan dengan strateginews.co, Sabtu (13/2/2021) pagi.
Untuk menuju partai politik yang profesional, modern dan terpercaya, kata Suriyanto, partai politik dituntut untuk mengubah diri di tengah tergerusnya kepercayaan publik terhadap parpol, dikarenakan partai politik tidak mampu memainkan fungsinya dengan optimal.
Selain itu, kata Doktor ilmu hukum ini, menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap partai politik disebabkan partai politik belum bisa menunjukkan kinerjanya dengan baik dan mempertanggung jawabkannya kepada masyarakat.
“ Ini yang harus kita rubah. Partai Nusantara, akan terus melakukan konsolidasi dan penguatan kinerja  baik dari tingkat DPP, DPD, DPC hingga PAC. Kita akan melakukan penataan, baik dari dalam maupun dari luar. Dari dalam, kami harus benar-benar bekerja keras, sehingga kinerja partai bisa berjalan lebih optimal. Sedangkan dari luar, kita membuka diri dan mengajak partisipasi masyarakat melalui kontrol maupun masukan-masukan agar PN nantinya benar-benar menjadi partai politik representasi rakyat,” terang  Suriyanto.
Agar Partai Nusantara memiliki legitimasi kuat di masyarakat, Partai Nusantara akan menerapkan sistem transparansi dan akuntabilitas publik, yang bisa dipantau dan dievaluasi  oleh masyarakat, pertama soal kinerja, implementasi dari program-program strategis partai, karena sejatinya partai politik adalah organisasi publik.
( Jagad )