Sandiaga Uno : PPKM Darurat Jadi Tantangan Terberat di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam keterangan pers secara virtual, Sabtu (03/07/2021).

PWRIONLINE.COM – JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan lonjakan kasus positif Covid-19 yang menyebabkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan pukulan telak bagi sektor parekraf yang mulai menggeliat.

“Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini lagi betul-betul menghadapi satu tantangan yang sangat, sangat berat dan turbulensi, memang sebelumnya pernah. Tapi nggak pernah se-uncertainty (ketidakpastian), sekompleks dan seberat ini,” ungkap Sandiaga Uno dalam keterangan pers secara virtual, Sabtu (03/07/2021).

“Jadi tantangannya gimana kita, Kemenparekraf bisa menghadirkan kebijakan yang tepat manfaat, tepat sasaran dan tepat waktu, ada lebih dari 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan kehidupan pada sektor parekraf. Untuk itu, kita mendorong para pelaku usaha parekraf untuk mematuhi penerapan PPKM darurat. Diharapkan, seluruh program kerja pemulihan sektor terkait dapat dikebut pasca PPKM darurat, termasuk penyaluran dana hibah,” ucapnya.

“Kita memiliki tiga instrumen untuk keluar dari keterpurukan, yaitu kebijakan, anggaran, dan pendampingan. Walaupun begitu, kita dapat memetik hikmah dari rentetan peristiwa yang terjadi sejak Covid-19 mewabah di Indonesia. Dalam 10 tahun terakhir, banyak perubahan kehidupan yang kita alami, termasuk beragam, masalah yang dihadapi sampai sekarang. Namun kita tetap optimis untuk dapat menemukan solusi demi kebaikan bersama,” tuturnya.

“Jadi mereka bilang bahwa dunia investasi, keuangan, private equity itu mungkin kompleks, tapi belum pernah ada yang lebih se-kompleks kejadian seperti yang dialami oleh sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tambahnya.

(Kemenparekraf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.