Musawarah Besar Pers Indonesia Kisruh, Sambutan Eggi Sudjana Berbau Politik

PWRIonline.com

Jakarta – Musyawarah Besar Pers Indonesia Kisruh yang berlangsung di Aula Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah, Selasa (18/12/2018).

Kekisruhan ini dipicu oleh sambutan Eggi Sudjana, yang tidak substansial terkait pelaksanaan Mubes, namun justru digeser pada persoalan politik 2019 ganti presiden.

Ketua Umun Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) DR.Suriyanto PD, S.H M.H, M.Kn sekaligus Ketua Sekber Pers Indonesia Angkat Bicara, merasa kecewa dengan pernyataan Eggi Sudjana.

Ribuan peserta dari berbagai media di Indonesia yang mengikuti kegiatan ini menjadi kecewa dan marah. Bahkan banyak yang keluar dari ruangan tempat Mubes berlangsung.

Suriyanto mengatakan sangat kecewa, dan menilai pelaksanaan Mubes sudah ternodai oleh kepentingan politik, yang dilakukan pernyataan Eggi Sudjana tersebut telah mencoreng niat baik peserta Mubes untuk bermusyawarah mensikapi dinamika Pers Nasional  dan membentuk Dewan Pers independen.

Lanjutnya Suriyanto mengatakan tidak selayaknya Eggi Sudjana membawa-bawa persoalan politik di forum musyawarah insan pers nasional yang independen.

”Saya sebagai Ketua Sekber Pers Indonesia sekaligus Ketua Umum PWRI sangat menyesalkan sekaligus kecewa. Kegiatan yang Mubes Pers Indonesia yang dihadiri oleh saudara-suadara saya seluruh insan pers seluruh Indonesia, tercoreng. Seharusnya Bang Eggi Sudjana selaku senior saya bisa menempatkan diri. Pers Indonesia itu independen, dengan pidato yang menyimpang dari tujuan, wajar mereka marah,” kata Suriyanto

Menurut Suriyanto ada nuansa politik yang diungkapkan Eggi Sudjana sebagai tamu undangan saat memberikan sambutan di depan ribuan awak media massa.

Eggi Sudjana mengumandangkan 2019 Ganti Presiden. Akibat statement tersebut kericuhan di antara insan Pers menjadi tak terkendali.Aakibatnya Eggi Sudjana langsung diturunkan dari atas panggung dan di bawa ke belakang gedung untuk di amankan.

Musyawarah Besar Pers Indonesia ini bertujuan untuk membentuk Dewan Pers yang Independen, tetapi sangat disayangkan dengan adanya sambutan Eggi Sudjana sebagai tamu undangan yang mengaitkan Politik Ganti Presiden 2019 di depan ribuan media massa. Sehingga ribuan wartawan yang mengikuti acara Musyawarah Besar Pers Indonesia merasa marah dan kecewa, akibat kampanye politik Eggi Sudjana.

(Rochman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.