Menteri LHK Siti Nurbaya: Luncurkan ITPC di Gedung Manggala Wanabakti

PWRIonline.com

Bogor – Dalam rangka peningkatan informasi dan pengetahuan pengelolaan gambut di Indonesia, Menteri LHK, Siti Nurbaya luncurkan “International Tropical Peatland Centre (ITPC)”, di Gedung Manggala Wanabakti (30/10/2018).

Badan Litbang dan Inovasi KLHK dan Center for International Forestry Research (CIFOR) yang berlokasi di Bogor, akan difungsikan menjadi sekretariat ITPC sementara, yang nantinya sebagai tempat pertemuan para peneliti dari seluruh dunia untuk berbagi pelajaran dan untuk berkolaborasi dalam tindakan praktis untuk konservasi lahan gambut.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Siti mengatakan ITPC merupakan langkah maju dalam pengelolaan dan upaya perlindungan ekosistem di Indonesia bahkan dunia. “Kami melihat kebutuhan untuk mengumpulkan pengetahuan yang ada dan mengembangkan kapasitas lebih lanjut untuk dapat meningkatkan aksi berbasis sains tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara tropis lainnya,” ujar Siti.

Dalam peluncuran ITPC hari ini, turut hadir Eksekutif Direktur The United Nations Environment Programme, Erik Solheilm dan Menteri Lingkungan dan Pariwisata, Republik Kongo, Arlette Soudan-Nonaults, beserta para jajarannya, yang sebelumnya memang sedang melaksanakan kunjungan kerja ke Indonesia.

Kedepan, Pemerintah Indonesia akan mengundang negara-negara gambut tropis lainnya, mitra sumber daya serta ilmuwan, pembangunan, dan kolaborator lain, untuk bergabung dengan ITPC, untuk meningkatkan pengetahuan dan memperkuat upaya perlindungan ekosistem gambut di dunia.

  1. (#KLHK/Reymond)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.