Menakjubkan! Ternyata 10 Hasil Karya Anak Bangsa ini Telah Diakui Dunia

Selain memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, ternyata Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang patut dibanggakan. Bahkan, sudah banyak karya anak bangsa Indonesia yang diakui secara internasional.

Tahukah kamu bahwa beberapa teknologi yang sedang kita gunakan saat ini seperti jaringan 4G merupakan hasil mahakarya anak bangsa Indonesia? Tanpa disadari, ternyata ada banyak benda dan ciptaan bermanfaat bagi kehidupan di dunia ini yang muncul dari hasil pemikiran asli beberapa orang Indonesia. Berikut 10 hasil karya anak bangsa yang mendunia.

Teknologi 4G

Image: ferryedward.blogspot.co.id

Siapa sangka jika teknologi ini ternyata ditemukan oleh orang Indonesia? Penemu tersebut adalah Prof. Dr. Khoirul Anwar dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang ternyata namanya sudah cukup terkenal di Jepang. Ia merupakan lulusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung pada tahun 2000 dan melanjutkan studinya di Nara Institute of Sains Teknologi, Jepang.

Professor muda kelahiran 1978 ini berhasil menemukan metode komunikasi yang lebih cepat, efisien dan memiliki peningkatan kecepatan pengiriman data yang meningkat tajam beberapa kali lipat dibanding teknologi 3G. Penerapan metode ini bertujuan mengatasi masalah komunikasi di berbagai kota besar yang memiliki gedung pencakar langit, maupun di daerah pegunungan. Sebab di daerah tersebut, gelombang yang ditransmisikan mengalami pantulan dan delay lebih panjang, sehingga mengganggu komunikasi.

Temuannya ini telah mendapatkan penghargaan Best Paper untuk kategori Saintis pada Institute of Electrical and Electronic Engineer Technology Conference pada bulan mei 2010 di Taiwan. Hasil temuannya tersebut telah dipatenkan dan digunakan di beberapa perusahaan elektronik besar di Jepang dan China.

Pondasi Ceker Ayam

Image: google

Nama Prof.Dr.Ir. Sedyatmo mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun, taukah kamu kalau ternyata ia adalah salah satu orang yang berpengaruh di dunia pembangunan? Salah satu hasil pemikiran kecerdasannya sudah diakui dunia dari karya teknologi pemasangan pondasi yang kokoh di atas tanah labil. Gagasan ini banyak diterapkan di berbagai bangunan di seluruh dunia.

Prof.Dr.Ir. Sedyatmo adalah Putra kebanggaan Karanganyar, Jawa Tengah. Sejarah awal mula munculnya gagasan “Pondasi Ceker Ayam” ini adalah saat ia memegang tanggung jawab untuk membangun menara listrik bertegangan tinggi di daerah rawa-rawa di kawasan Yogyakarta dengan persoalan struktur tanah yang lembek dan tidak stabil. Hingga munculah gagasan mendirikan menara di atas pondasi plat beton dengan ditopang oleh pipa-pipa beton di bawahnya.

Pipa atau pelat beton ini kemudian bersatu dan mencekeram tanah yang lembek dengan sangat kuat sehingga menjadi pondasi dasar menara yang kokoh. Sejak saat itulah nama “Pondasi Cakar Ayam” muncul. Sekarang ini, metode ini diterapkan di beberapa daerah di tanah air, seperti pembangunan landasan pacu Bandara Internasional Soekarno Hatta dan ratusan bangunan lainnya di dunia.

Gagasan “Pondasi Cakar Ayam” hasil kerja keras Professor Sedyatmo tersebut juga mendapat pengakuan paten dari beberapa negara di dunia.

Jembatan Layang “Sosrobahu”

Image: youtube.com/@sosrobahu.cap

Pada tahun 1980an, Ir Tjokorda R. Sukawati menerima tantangan dari pemerintah pusat untuk membangun jembatan layang di atas padatnya lalu lintas Ibukota, Jakarta. Jembatan ini rencananya membentang diantara Cawang hingga Tanjung Priok. Insinyur asal Bali tersebut akhirnya mengajukan sebuah gagasan untuk membangun tiang yang sejajar dengan jalur di bawahnya.

Setelah tiang didirikan, struktur lengan dari rancang bangun tersebut yang berbentuk huruf T diputar 90 derajat hingga melintang dan siap digunakan untuk jalan beton diatasnya. Ia juga menggunakan sistem hidrolik sehingga lengan beton seberat 180 ton dapat diputar dengan mudah. Proyek inipun dapat diselesaikan dengan sangat baik dan menuai berbagai pujian dari seluruh kalangan pada waktu itu.

Presiden Soeharto meresmikan jembatan tersebut dan memberi nama dengan sebutan “Sosrobahu” untuk metode rancang bangun yang diciptakan Ir. Tjokorda ini. Sosrobahu sendiri diambil dari nama salah satu tokoh dalam cerita Mahabarata.

Hasil karya anak bangsa yang membanggakan ini kemudian digunakan oleh beberapa negara di dunia. Diantaranya adalah jembatan Seatle di Amerika Serikat dan jalan raya metro Filiphina. Temuan ini juga sudah mendapatkan lisensi hak paten dari jepang, Malaysia dan Filipina.

Mobil Esemka

Image: youtube.com/ricky christian

Mobil Esemka ini mungkin sudah tidak asing lagi karena sempat ramai diperbincangkan seluruh Indonesia sejak tahun lalu. Karya para siswa SMK 1 Singosari Malang ini memang membanggakan, mereka mampu membuat sebuah prototype mobil yang diberi nama “Mobil Esemka”. Mobil Esemka memiliki 5 jenis varian yaitu SUV, Pick Up Double Cabin, Sedan, Pick Up Single Cabin, dan Van. Pembuatan Mobil Esemka sendiri menelan biaya sebesar Rp. 175 Juta. Dalam produksinya, SMK 1 Singosari juga dibantu oleh SMK-SMK lain yang berada di Kota Malang. Mobil ini dibandrol dengan harga Rp 80 Juta per unitnya.

Bahan Anti-Api dan Anti-Panas Mobil dari Kulit Singkong

Image: yukepo.com

Kebanyakan orang Jawa mungkin sudah sangat kenal dengan yang namanya singkong sebagai makanan pokok kedua setelah nasi. Namun, siapa sangka kalau kulit singkong membawa manfaat di bidang otomotif.

Ide gila ini ditemukan oleh orang Indonesia, yaitu Randall Hartolaksono. Mahasiswa lulusan Teknik Mesin, University of London ini berhasil mengubah sampah yang berasal dari kulit singkong menjadi komponen penting dalma kerangka mobil. Kulit singkong ini diubahnya menjadi salah satu bahan anti-api dan anti-panas yang digunakan dalam beberapa industri mobil ternama seperti Ford hingga Petronas.

Mobil Listrik “SELO”

Image: bisnis.liputan6.com

Siapa yang tak kenal Ricky Elson? Ricky merupakan putra asli Minang, kelahiran Padang, Sumatera Barat, 11 Juni 1980. Putra kebanggaan Sumatera Barat yang dijuluki “Sang Putra Petir ini melanjutkan pendidikan di Jepang bidang keahlian Teknik Mesin di Politechnic University of Japan. Lulus sarjana (S1), Ricky melanjutkan ke jenjang master (S2), dengan predikat “lulusan terbaik”, profesornya lalu merekrut Ricky untuk kerja bersamanya sebagai perancang motor di Nidec Corporation, Kyoto, Jepang. Ini adalah perusahaan elektronik yang memproduksi elemen motor presisi atau mikromotor.

Karir Ricky cemerlang di Nidec. Sekitar 80% produk Nidec merupakan karya Ricky. Selama 14 tahun berkarya di Jepang, Ricky telah menghasilkan 14 penemuan teknologi motor listrik. Semua dipatenkan secara internasional atas namanya.

Salah satu karyanya adalah sebuah mobil listrik yang diberi nama “Selo”. Sayangnya versi beta Selo karya Ricky ini ditolak pemerintah Indonesia karena dianggap tidak lolos uji emisi ramah lingkungan. Ketika pemerintah Indonesia menolak Selo , pemerintah Malaysia justru tertarik dan meminang produk buatan Ricky tersebut supaya bisa dikembangin lebih lanjut.

Pesawat CN-235

Image: aeronusantara.blogspot.co.id

Pesawat CN-235 adalah sebuah pesawat penumpang sipil (airliner) angkut turboprop kelas menengah bermesin dua. Mesinnya turboprop yang dirancang berdasarkan kerjasama antara IPTN Indonesia dan CASA Spanyol. Nama lain pesawat ini adalah pesawat sandi Tetuka dan saat ini menjadi pesawat paling sukses pemasarannya di kelasnya. Pesawat versi militernya sendiri sukses digunakan oleh sejumlah negara-negara besar di seluruh dunia. Pesawat ini terbang publik perdana pada tanggal 1 Maret 1988.

Di Indonesia sendiri perusahaan pembuatan pesawat terbang terbaik di pegang oleh PT. DI atau PT. Dirgantara Indonesia. Perusahaan ini memiliki salah satu produk pesawat andalan yang sudah digunakan sejumlah negara besar seperti Amerika Serikat, Venezuela, Senegal, Burkina Faso, Uni Emirat Arab, Pakistan, Turki, Malaysia, Korea Selatan, Thailand dan Brunei Darussalam.

Panzer Anoa Indonesia

Image: youtube.com/Majalah Intisari

Bandung bisa dikatakan sebagai kota kelahiran mobil tangguh buatan Indonesia. Pasalnya, di kota ini terdapat sebuah perusahan yang memproduksi berbagai macam kendaraan perang. Perusahaan tersebut ialah PT Pindad yang fokus di bidang pertahanan nasional. Produk terbaru milik PT Pindad Bandung ini adalah tank bernama Panzer Anoa Indonesia, yang memiliki spesifikasi luar biasa, bahkan spesifikasi dan fiturnya melebihi kendaraan tempur milik Amerika Serikat.

Kendaraan pengangkut lapis baja ini diproduksi oleh PT. Pindad tahun 2006 sebanyak 150 buah. Penamaan Panzer Anoa Indonesia terilhami dari hewan mamalia khas Sulawesi. Tampilannya tidak kalah dengan tank buatan Eropa, dilengkapi dengan baja anti peluru yang tahan terhadap tembakan AK47 atau M-16. Mesinnya memiliki kecepatan 90km/jam, dengan enam roda yang mampu menanjak dengan kemirigan hingga 45 derajat dan mampu melompat selebar satu meter. Meskipun Panzer Anoa Indonesia diproduksi dengan tujuan pertahanan dan keamanan negara, namun beberapa negara menyatakan minatnya untuk membeli Panzer Anoa Indonesia seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Oman, Bangladesh dan Nepal.

 

KRI Krait 827

Image: inimfnst.blogspot.com

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Untuk mengimbangi hal tersebut, Indonesia memiliki banyak kapal perang sebagai pertahanan dan keamanan negaranya. Dulu, kapal perang Indonesia didominasi oleh produk-produk dari Amerika, Belanda dan Jerman. Namun kini Indonesia sudah mampu memproduksi kapal perangnya sendiri.

Kapal yang diberi nama KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) Krait 827 adalah sebuah mahakarya hasil kerjasama TNI AL melalui Fasharkan (Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan) Mentigi dan PT Batan Expressindo Shipyard (BES), Tanjung Guncung. KRI Krait 827 berbahan baku aluminium, bertonase 190 DWT dengan jarak jelajah sekitar 2.500 Mil. Dilengkapi dengan radar dengan jangkauan 96 Nautical Mil (setara 160 Km) dengan system navigasi GMDSS area 3 dengan kecepatan terpasang 25 Knots, yang semuanya 100% hasil buah karya anak bangsa Indonesia yang membanggakan.

Picmix

Image: techinasia.com

Picmix adalah aplikasi editing foto buatan Inovidea Magna Global buatan Indonesia. Aplikasi ini cukup populer bagi yang gemar mengedit foto. Sama halnya aplikasi editing foto pada umumnya, PicMix juga memiliki berbagai fitur, diantaranya Photo Editors, Photo Collage, dan Cure Stickers. Pengguna juga bisa membagikan foto mereka yang sudah diedit ke media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Aplikasi ini pernah dibahas dan dimuat pada media pemberitaan luar negeri yaitu Tech Crunch. Berdasarkan data survey, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 50 juta pengguna di Google Play Store dan 30 juta pengguna di App Store.

 

 

Sumber :www.shopback.co.id

Featured image: bisnis.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.