MA Tolak Peninjauan Kembali PK Baiq Nuril, Presiden Jokowi Pertimbangkan Beri Amnesti

PWRIonline.com

Sulut – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak ingin mengomentari keputusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak Peninjauan Kembali (PK) Baiq Nuril, guru honorer SMA Negeri 7 Mataram, NTB, yang dijatuhi hukuman 6 bulan penjara dan denda Rp500 juta karena merekam percakapak telepon berisi pelecehan seksual oleh atasannya, Kepala SMAN 7 Mataram, tahun 2012 lalu.

“Saya tidak ingin mengomentari apa yang sudah di putuskan oleh mahkamah, karena itu pada domain wilayahnya yudikatif,” kata Presiden Jokowi saat berada di Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (5/7) siang.

Namun, nanti kalau sudah masuk ke wilayah dirinya, Presiden berjanji akan menggunakan kewenangan yang dimilikinya.

“Saya akan bicarakan dulu dengan Menteri Hukum dan HAM, dengan Jaksa Jgung dengan Menko Polhukam untuk menentukan apakah amnesti (pengampunan) apakah yang lainnya,” tegas Presiden.

Kepala Negara menegaskan, sejak awal kasus Baiq Nuril ini mencuat perhatiannya tidak berkurang. Namun Kepala Negara Negara menghormati keputusan yang sudah di tetapkan oleh Mahkamah. “Itu bukan pada wilayah eksekutif,” ujarnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi mempersilakan Baiq Nuril mengajukan amnesti secepatnya. “Boleh (mengajukan amnesti), secepatnya,” kata Presiden Jokowi.

Sebelumnya Baiq Nuril telah mengajukan permohonan PK dengan Nomor 83PK/Pid.Sus/2019, namun permohonan PK itu ditolak oleh MA.

(HIM/JAY/ES/red)

15 Comments on “MA Tolak Peninjauan Kembali PK Baiq Nuril, Presiden Jokowi Pertimbangkan Beri Amnesti”

  1. Excellent post. I was checking continuously this blog
    and I am impressed! Extremerly useful information. I
    care for such information a lot. I was looking for this certain information for a very long time.Thank you and good luck.

  2. Hello to every one, since I amm genuinely kern off reading this website’s post to
    be updated regularly. It carries nice data.

  3. Hello there! Would you mind if I share your bloog with my
    twitter group? There’s a lot of people that I think would really
    appreciate your content.Please let me know. Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.