Komunitas Peduli Sejarah dan Budaya

Boleh dibilang komunitas merupakan ujung tombak pelestarian. Banyak komunitas memiliki berbagai kegiatan, seperti blusukan, sosialisasi, diskusi, edukasi, advokasi, dan urun rembug. Setiap komunitas memiliki karakteristik sesuai kondisi daerah. Semoga daftar komunitas yang saya kumpulkan ini bermanfaat buat masyarakat yang membutuhkan. Mungkin sebagai teman diskusi atau untuk mendapatkan info.

KHI1. Komunitas Historia Indonesia (KHI) – Jakarta

KHI didirikan oleh beberapa mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta (UNJ)—dulu IKIP Jakarta—dan mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Indonesia (UI) pada 22 Maret 2003. Nama semula adalah Komunitas Peduli Sejarah dan Budaya Indonesia (KPSBI-Historia). Komunitas tersebut kini lebih dikenal sebagai Komunitas Historia Indonesia (KHI).

Inspirasi dibentuknya KHI bermula dari buah pemikiran, inisiatif, dan prakarsa Asep Kambali (sang pendiri, mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah UNJ) yang ketika itu menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jurusan Sejarah UNJ yang menggelar Lomba Lintas Sejarah bagi siswa SMA se-Jabodetabek.

Dalam kegiatan itu para siswa melakukan napak tilas dan amazing race ke beberapa museum dan situs sejarah yang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia selama satu hari penuh. Kegiatan yang didukung oleh semua museum tujuan dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI ini ternyata mendapat respon positif dari berbagai pihak dan sangat dinikmati oleh para peserta lomba.

###################

2. Komunitas Jelajah Budaya (KJB) – Jakarta

Komunitas Jelajah Budaya (KJB) adalah sebuah komunitas independen yang peduli pada seni, budaya, bangunan tua serta peninggalan sejarah bangsa. KJB didirikan pada 17 Agustus 2003 oleh beberapa mahasiswa dan alumni perguruan tinggi di Jakarta sebagai bentuk keprihatinan terhadap kurangnya perhatian dan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya bangsanya, baik berupa bangunan bersejarah yang telah menjadi Bangunan Cagar Budaya (BCB) maupun kesenian tradisional.

Kegiatan KJB meliputi Jelajah Kota Toea, Night Time Journey at Museum, Diskusi sejarah & budaya serta launching produk perusahaan. Saat ini KJB diketuai Kartum Setiawan.

Alamat Sekretariat KJB: Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Jakarta-Kota, nomor kontak 0817 9940 173, email: kartum_boy@yahoo.com, dan blog Jelajahbudaya.blogspot.com

###################

3. Komunitas Jelajah (Komjel) – Jakarta

Komunitas Jelajah merupakan komunitas yang menaruh minat terhadap peristiwa, tempat, dan bangunan yang memiliki nilai sejarah. Komunitas ini bertujuan menumbuhkan rasa cinta terhadap sejarah, budaya dan sains, termasuk peristiwa, tokoh, tempat, dan peninggalannya.

Komunitas Jelajah diprakarsai oleh Hamdani Masil (Dhani), dan resmi didirikan pada 15 Agustus 2010 oleh C. Musiana Yudhawasthi (Ina). Berangkat dari kecintaan pada topik sejarah dan budaya serta kegemaran melakukan perjalanan, kecintaan tersebut diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang awalnya diselenggarakan bersama beberapa rekan, Febrian Alam Vedaxena (Ian), Sabila Evaswantry (Lala) dan Anisa Padang Pelangi (Angi).

Dalam perjalanannya, berawal dari keprihatinan terhadap proses belajar, komunitas membangun jaringan untuk memasyarakatkan learning expeditions yang dikemas dengan nama Jelajah (Jejak Langkah Sejarah). Jelajah merupakan class without class. Jelajah mengemas standar kompetensi sekolah dalam bentuk penelitian langsung di lapangan secara terpadu.

Sejak 2012 Komjel menyelenggarakan Anugerah Purwakalagrha (Museum Awards) untuk museum-museum di Jakarta. Selain itu memberikan penghargaan pengabdian sepanjang hayat (lifetime achievement) kepada tokoh permuseuman, kesejarahan, dan kepurbakalaan.

Alamat Sekretariat Komjel: Puri Sriwedari Cibubur Blok A-19, Harjamukti, Cimanggis, Depok 16954, Telp./Faks. 021-84598128, 08161845072; email: komunitasjelajah@gmail.com atau inadhani@gmail.com

###################

4. Klub Tempo Doeloe (KTD) – Jakarta

KTD adalah sebuah klub para pecinta sejarah dan budaya, terutama sejarah dan budaya Indonesia. Klub ini berdiri pada 10 April 2010.

Visi KTD adalah Mewujudkan Sejarah dan Budaya Untuk Seluruh Masyarakat. Sementara misi KTD membangkitkan sejarah dan budaya Indonesia kepada masyarakat.

Alamat Sekretariat KTD: Jl. Sumur Batu Raya A3 No.11B, Kemayoran, Jakarta Pusat 10460, email: klub_tempodoeloe@yahoo.com, blog: klubtempodoeloe.blogspot.com, nomor kontak: 0856.9766.4542, 0818.0857.5525, dan 0813.8104.6352

###################

5. Pesona Jawa – Jakarta

Pesona Jawa adalah sebuah komunitas jalan-jalan dengan kegiatan (1) mengajak berpetualang dan menjelajah, (2) peduli akan keindahan dan eksotisme Nusantara, dan (3) menikmati kekayaan sejarah dan keragaman budaya di Indonesia.

Pesona Jawa dibentuk pada awal November 2009 oleh beberapa arkeolog. Pada awalnya jalan-jalan yang dilakukan baru sebatas mengunjungi situs-situs arkeologi di Jawa Barat. Setelah itu berkembang dengan mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai nilai eksotis dan budaya menarik. Dari situlah nama Pesona Jawa muncul. Pesona Jawa juga menyediakan jasa guide dalam bidang Arkeologi/Sejarah, Sosial & Budaya, dan Adventure/Camping/Hiking.

Komunitas Pesona Jawa beralamat Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Jakarta-Kota, kontak:
Marsad: 081513847296, surel: marsadmrd@gmail.com

###################

Sahabat6. Sahabat Museum (Batmus) – Jakarta

Merupakan komunitas masyarakat pecinta museum Indonesia yang berbasis di Jakarta. Diprakarsai oleh Ade Purnama. Kegiatan utama komunitas ini adalah menjelajahi berbagai museum di Indonesia dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan mengenalkan sejarah kepada masyarakat umum. Dalam kunjungannya ke berbagai museum, selain dipandu oleh Ade Purnama, terkadang juga dipandu oleh ahli sejarah profesional, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kontak: Adep (0818-949682

###################

Print7. Komunitas Bhumi Muda – Jakarta

Sebuah komunitas pecinta budaya dan seni yang memiliki kepedulian untuk memberikan kontribusi nyata bagi pelestarian budaya dan seni Indonesia kepada kalangan muda, dari anak usia sekolah dasar sampai dengan anak usia sekolah tingkat atas.

Membawa langsung budaya, seni, dan sejarah langsung kepada para pemuda dari tingkat sekolah dasar sampai dengan menengah atas. Mengemasnya dengan menarik, komunikatif, dan mendidik.

Visi:
Menanamkan kebanggaan akan kebudayaan Indonesia sehingga terbentuk generasi muda yang memiliki jiwa toleransi yang berintegritas.

Misi:

  1. Mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada anak usia Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah atas (SMA).
  2. Menambah wawasan mengenai kebudayaan asing yang ada kepada anak usia Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

Arti Logo:

  • Gunungan: melambangkan bumi, tanah, dan dunia.
  • Matahari terbit: menggambarkan semangat muda
  • Warna kuning dan orange pada matahari: mencerminkan pemikiran dari para pemuda yang cemerlang
  • Coklat tua: mengibaratkan tanah tempat berpijak
  • Putih: kedamaian

E-Mail: bhumimudacommunity@gmail.com
Facebook: Komunitas Bhumi Muda
Twitter: Bhumi_Muda
Alamat: Jl Cempaka Putih Barat XI No. 13 E, Jakarta Pusat 10520

###################

Logo-kpbmi8. Kelompok Pemerhati Budaya dan Museum Indonesia (KPBMI)

Sejarah

Kelompok Pemerhati Budaya dan Museum Indonesia (KPBMI) merupakan organisasi yang didirikan oleh beberapa orang dari berbagai macam latar belakang. namun memiliki minat dan kepedulian yang sama terhadap dunia kebudayaan, permuseuman, dan kesejarahan di Indonesia. Gagasan tersebut berawal dari kegiatan blusukan ke museum-museum dan tempat-tempat bersejarah di DKI Jakarta pada  2014 oleh beberapa orang.

KPBMI dibentuk pada 4 Maret 2017 di Depok, Jawa Barat. Di dalam perjalanannya, KPBMI terbuka terhadap semua kalangan masyarakat dan komunitas yang ingin terlibat dalam memperkenalkan dunia kebudayaan, permuseuman, dan kesejarahan.

KPBMI bergerak secara spontan dengan biaya sendiri dalam segala bentuk pelaksanaan kegiatan demi kemajuan dan masa depan Indonesia yang lebih baik tanpa meninggalkan kebudayaan, sejarah, dan kearifan lokal yang beraneka ragam.

Visi

  • Melalui Museum Melestarikan Budaya dan Sejarah Bangsa.

Misi

  1. Memberi masukan mengenai tata kelola permuseuman, eksistensi kebudayaan dan kesejarahan kepada pihak-pihak terkait.
  2. Membantu program pemerintah dalam bidang permuseuman agar museum dapat menjadi objek pendidikan, kebudayaan, serta pariwisata yang berkualitas.
  3. Memperkenalkan dunia kebudayaan, permuseuman, dan kesejarahan kepada segenap kalangan masyarakat sehingga menumbuhkan semangat mencintai tanah air Indonesia.

Tujuan

  1. Menjadi mitra pemerintah untuk memajukan kebudayaan, permuseuman, dan kesejarahan di Indonesia
  2. Ikut memajukan kebudayaan, permuseuman, dan kesejarahan melalui berbagai program kegiatan dengan melibatkan peran serta masyarakat
  3. Membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terkait kebudayaan, permuseuman, dan kesejarahan di Indonesia.

Sekretariat
Alamat       : Jalan Jalak No. TK 1, Komplek Hankam Slipi, Jakarta Barat 11480
Telepon     : 081380739489 – 083874948510
E-mail         : kpbmi2017@gmail.com dan djuliantosusantio@gmail.com
Facebook     : Kelompok Pemerhati Budaya dan Museum Indonesia
Instagram   : pemerhatibudayadanmuseum

Susunan Pengurus KPBMI:

Dewan Penasehat: Djulianto Susantio, Berthold Sinaulan, dan Th. Sri Hartati Trisna Dewi.

Pengurus Inti: Ketua: Dhanu Wibowo; Sekretaris: Desyfiani; Bendahara: Dana Purwasih; Humas/Jarkominfo: Juwita Putri Morjani dan Lulu Istianah; Desain Grafis/DKV: Rizal Salam, Diazeva Fathia, dan Lutfia Nabila; Litbang Sejarah: Dimas Eka Mitra Nugraha dan Nur Fajar Absor; Litbang Arkeologi: Intan Cahyanita dan Asri Hayati Nufus; Litbang Budaya dan Bahasa: Hafish Adli Irsyad: Teknologi Informasi: Muhammad Ustman

###################

DHC9. Depok Heritage Community (DHC) – Depok

Komunitas ini berdiri pada 5 Juli 2011, bertujuan mengangkat cerita dan peninggalan Depok tempo doeloe yang sudah nyaris tergerus modernisasi. Kini DHC memiliki 160 anggota.Aktivitas DHC lebih ke pelestarian, bukan jalan-jalan. Diharapkan nantinya aset-aset berusia tua di kawasan Depok menjadi cagar budaya.DHC bercita-cita mengembangkan Kota Tua Depok di wilayah Jalan Pemuda menjadi seperti Kota Tua Jakarta yang sudah terkenal sebagai tempat wisata.DHC bisa dihubungi di atau Ratu Farah Diba (08159904987).
###################

Daftar Komunitas di Luar Jakarta

1. Komunitas Pandu Pusaka
Jalan Tawamangu 25
Malang, Jawa Timur
pandupusaka@hotmail.com
081233145942. Barisan Pelestari Sejarah Blitar (Baletar)
Jalan Cilamaya No. 29, Kel. Bendo,
Kec. Kepanjen Kidul,
Blitar, Jawa Timur
ferry.070288@gmail.com
0857902842943. Komunitas Tapak Karuhun
Jalan Balai Desa Panjalu RT 06/RW 03,
Dusun Pabuaran, Kab. Ciamis,
Jawa Barat 46264
panduradea@gmail.com

4. Pusat Informasi Kebudayaan Lamongan (Pikulan)
Desa Klagensrampat RT 01/01, Kec. Maduran,
Lamongan 62261
priantie@gmail.com

5. Tapak Jejak Kerajaan
d.a dr. Sudi Harjanto
Pondok Sidokare Indah Blok II – 14
Sidoarjo, Jawa Timur
sudiharjanto@yahoo.co.id

6. Komunitas Peduli Peninggalan Majapahit dan Kadiri di Tulungagung (KPPMKT)
Jalan P. Sudirman VI No. 75 RT 004/RW 002,
Kel. Kepatihan, Kab. Tulungagung, Jawa Timur
bambang4545@gmail.com

7. Komunitas Peduli Budaya Jambi
Jalan dr. Soetomo No. 50
Padang, Sumatera Barat
sovie6773@gmail.com
085264287836

8. Pelestari Sejarah Budaya Kadhiri (Pasak)
Jalan Podang No. 88 RT 02/RW 07,
Dukuh Canggu, Desa Canggu, Kec. Badas,
Kab. Kediri, Jawa Timur
dahanapura@gmail.com
085649188848

9. Komunitas Mbah Sinto
Jalan Candi Panggung No. 31 A
Kel. Mojolangu, Kec. Lowokwaru
Malang, Jawa Timur
rizkyfathur96@gmail.com
082234177228

10. Komunitas Pelestari Sejarah Madiun Raya (Kompas Madya)
Jalan Raya Nglames No. 39 RT 01/RW 01,
Kel. Nglames, Kec./Kab/ Madiun
Jawa Timur
andrikyawarman@gmail.com
085736355246

11. Komunitas Jawa Kuno Sutasoma
Sekretariat: Museum Majapahit, Trowulan-Mojokerto
Jawa Timur
aangpambudinugroho@gmail.com
085736337793

12. Medang Kingdom Community dan Sinau Aksara Jawa Kuno Magelang
n.wiby86@gmail.com

13. Sanggar Seni Anggara Laras, Songgoriti, Kota Batu, Jawa Timur
Bergerak di bidang karawitan dan pedhalangan
Afrian Saputra 085748416108
Somastha@gmail.com

14. Pusaka Lasem
CP: Agik NS
Babagan RT 12 RW 04
Lasem – Jawa Tengah
agikns@ymail.com
08132569589

Sumber : hurahura.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.