Dalam Kabinet Indonesia Maju, Ada Lima Anggota DPR yang Masuk

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan susunan menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 ada Lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR) yang masuk , Rabu (23/10/2019).
Lima  diantantara anggota DPR itu adalah dua orang dari Fraksi PDI Perjuangan Yasonna Laoly dan Juliari Batubara, satu orang dari Fraksi Partai Golkar, Zainudin Amali, satu orang dari Fraksi Partai Gerindra yaitu Edhy Prabowo dan seorang lagi dari Fraksi Partai Nasdem yakni Johnny G Plate.
Dalam Kabinet Indonesa Maju, Yasonna kembali ditunjuk sebagai Menteri Hukum dan HAM, sedangkan Juliari ditunjuk menjadi Menteri Sosial. Zainudin ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, Edhy sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Plate yang ditunjuk menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika.
Berdasarkan aturan yang berlaku, kelima nama tersebut mesti meninggalkan jabatannya sebagai anggota DPR seusai dilantik sebagai menteri. Pada Selasa (22/10/2019), Yasonna dan Juliari telah mengungkapkan bahwa siap mengundurkan dari DPR untuk membantu Presiden Jokowi dalam Kabinet Indonesia Maju.
Menteri Termuda
Dan salah satu tokoh yang cukup mencuri perhatian adalah Nadiem Makarim. Pendiri dan CEO Gojek ini akhirnya diumumkan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Selain karena sosoknya yang lekat dengan perusahaan startup Gojek, Nadiem (35) juga menjadi menteri termuda di kabinet Indonesa Maju.
Nadiem memang dikenal sebagai pengusaha. Namun, latar belakang keluarganya jauh dari ranah bisnis. Pria kelahiran Singapura, 4 April 1984, ini merupakan anak ketiga pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri. Ayah Nadiem merupakan aktivis sekaligus pengacara ternama di tanah air.
(Reymond)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.