Bank Dunia Siapkan Bantuan Satu Miliar Dolar AS Untuk Rekontruksi Daerah Terkena Gempa Sulteng dan Lombok

PWRIonline.com

Nusa Dua – Bank Dunia menyiapkan bantuan pendanaan hingga 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) kepada pemerintah Indonesia untuk melengkapi upaya-upaya bantuan rekonstruksi di daerah-daerah yang terkena bencana gempa di Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Lombok.

Bantuan ini juga diharapkan memperkuat ketahanan jangka panjang Indonesia terkait pendanaan pasca bencana,Minggu (14/10/2018).

Merespons bantuan Bank Dunia ini, pemerintah Indonesia memberikan apresiasi yang besar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Menkeu) mengatakan, Indonesia memang mengundang Bank Dunia dan lembaga-lembaga lain untuk membantu pembiayaan dan asuransi risiko bencana karena sudah menjadi hal yang sangat penting bagi Indonesia, terutama karena sering terjadi bencana pada beberapa pekan terakhir,kata Menkeu.

Paket bantuan ini dapat mencakup dana transfer tunai untuk 150.000 keluarga termiskin yang terdampak bencana untuk jangka waktu antara enam bulan hingga satu tahun.

Penguatan sistem perlindungan sosial yang ada ini dirancang untuk mendukung ekonomi dan lapangan kerja lokal selama tahap pemulihan.

Bantuan ini juga diusulkan untuk dapat mencakup program pemulihan darurat baru yang mandiri untuk mebiayai pembangunan kembali fasilitas publik dan aset infrastruktur penting, seperti rumah sakit, sekolah, jembatan, jalan raya, dan infrastruktur pasokan air bersih.

(Kominfo/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.