Sebanyak 57 KPK yang Tidak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan Meraih Tasrif Award 2021

PWRIONLINE.COM

Jakarta – Sebanyak 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan meraih Tasrif Award 2021. Bersama komunitas LaporCovid-19, 57 pegawai itu diberi penghargaan karena keberanian mereka menyatakan pendapat dianggap mencerminkan semangat dari tokoh jurnalis, Suardi Tasrif.about:blank

“Kami dewan juri Suardi Tasrif Award memutuskan dua pemenang, keduanya adalah 57 pegawai KPK yang tidak lulus TWK dan melakukan perlawanan. Kedua adalah Laporcovid-19,” kata anggota dewan juri, Nurina Savitri, dalam acara perayaan ulang tahun ke-27 Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Sabtu 7 Agustus 2021.

Nurina mengatakan 57 pegawai yang tak lolos dan melakukan perlawanan itu dianggap sudah mewakili semangat Tasrif dalam memperjuangkan kemerdekaan berpendapat. Mereka juga mengungkap problem ketidakadilan atas isu hak asasi manusia, seperti diskriminasi agama, keyakinan dan gender.

Anggot dewan juri lainnya, Luviana, menilai kedua kelompok memilih berjuang dengan keterbatasan serta membuka mata bahwa kebebasan berpendapat dan berekspresi harus diperjuangkan. “Dua kelompok ini dalam perjuangannya menginspirasi publik dalam menyampaikan pendapat dan kritik,” kata Luviana.

Perwakilan 57 pegawai KPK, Hotman Tambunan, mengatakan penghargaan itu dipersembahkan kepada masyarakat yang terus mendukung pemberantasan korupsi. Dia mengapresiasi sikap masyarakat yang terus mendukung pemberantasan korupsi dan kebebasan berpendapat.

(Tempo.co/red)

#pwrionline.com