Tim ERT Cepat Tanggap ESDM Kembali Evakuasi Korban Gempa Palu

PWRIonline.com

PALU – Terus memberikan support bagi pemulihan pascagempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya, Tim Emergency Response Team (ERT) Kementerian ESDM, hari ini Rabu (3/10) melakukan beberapa kegiatan dengan bantuan alat berat excavator dan buldozer.

Ketua Tim Cepat Tanggap ESDM Satry Nugraha melaporkan dari Posko Kementerian ESDM Siaga Bencana di Palu, beberapa hal yang sudah dilakukan tim gabungan perusahaan di sektor ESDM hari ini antara lain melakukan penebangan pohon-pohon untuk membuka akses evakuasi 3 korban di Jl. Diponegoro, memindahkan barang warga sekitar yang masih layak untuk dipakai, juga melakukan mobilisasi alat berat buldozer dari Poboya lokasi PT Citra Palu Minerals ke Posko KESDM.

Satry menambahkan, kerja cepat dilakukan tim ERT antara lain dengan membangun Dapur Umum di Posko KESDM Siaga Bencana. “Hari ini tim berhasil melakukan evakuasi 2 jenazah di Jl. Cumi-Cumi, evakuasi 1 korban di Jl. Kartini, evakuasi 4 korban di Jl Sungai Bongka, hingga pencarian korban di Jl. Dewi Sartika III, Kelurahan Jono Oge, Kecamatan Sigi menyusuri jalur lumpur dan menemukan jenazah 5 korban,” ungkap Satry.

Selanjutnya tim mengirim semua jenazah yang berhasil dievakuasi untuk dibawa ke RS Bhayangkara. Tim medis ERT Kementerian ESDM juga turut membantu penanganan medis di RS Undata, Palu serta melakukan operasi bedah di RS Undata.

Satry menuturkan, alat berat yang didatangkan tim ERG secara bergantian dengan Basarnas membuka akses reruntuhan (10.30 – 16.37 WITA) berhasil menembus beton di Hotel Mercure. “Alhamdulillah beton di Hotel Mercure berhasil ditembus sore tadi,” ungkap Satry.

Total, sebanyak 7 unit alat berat (3 PC, 1 dozer, 3 crane) dari tim ERT telah beroperasi di Palu. “Dari tim ERT, akan ada tambahan 18 unit yang terdiri dari 7 PC, 4 Dozer, 2 crane, 3 Dump truck, 1 fuel tank, 1 barge, yang akan datang mensupport kegiatan pemulihan pascagempa Palu ini,” Pungkas Satry.

(Humas ESDM/Adit)