Bhakti Sosial Kemenkumham RI untuk Lombok Utara Peringati Hari Dharma Karyadhika Tahun 2018

PWRIonline.com

Lombok – Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, DR. Bambang Rantam Sariwanto beserta Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Aidir Amin Daud, Kepala BPSDM Kemenkumham Mardjoeki dan Plt Kepala Kanwil Kemenkumham NTB Faisol Ali tandatangani prasasti pembangunan dua masjid, pura dan sumur bor yang dibangun oleh Kemenkumham di Desa Selengan Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara yang merupakan salah satu Desa terdampak gempa yang cukup parah.Jum’at (19/10/2018).

Kegiatan yang mengangkat tema “Lombok Recovery Program / Program Pemulihan Lombok” ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika Tahun 2018 sekaligus memberikan dukungan dan bantuan bagi korban bencana alam khususnya bagi warga Desa Selengan.

“Kegiatan ceremonial pagi ini bertujuan untuk mewujudkan komitmen sosial Kementerian Hukum dan HAM dalam upaya percepatan pemulihan kondisi psikis, sosial dan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Selengan yang sesuai dengan SK Sekda NTB merupakan Desa Binaan Kanwil Kemenkumham NTB”, ujar Faisol Ali.

Bambang Rantam dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kanwil Kemenkumham NTB yang telah berperan aktif dalam membantu warga pasca gempa sebagai upaya percepatan pemulihan kondisi masyarakat di Desa Selengan.

“Sebelumnya jajaran Kanwil Kemenkumham NTB telah melakukan survey dan mengecek lokasi terdampak dan kebutuhan yang sangat mendesak yaitu rumah ibadah dan instalasi air bersih. Untuk itu, kami telah berkomitmen membantu masyarakat Desa Selengen untuk membangun dua masjid, pura dan 3 sumur bor untuk membantu memudahkan aktifitas warga dalam beribadah dan pekerjaan sehari-hari warga yang mayoritas adalah seorang petani”, tambahnya.

Program Pemulihan Lombok dihadiri juga oleh seluruh pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham NTB, para Kepala UPT se NTB, Karo Kesra Pemprov NTB, Kapolres Lombok Utara, Kepala BPBD Lombok Utara, stake holder terkait dan Tokoh Agama serta masyarakat Desa Selengan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal bersama rombongan pimpinan tinggi madya dan pimpinan tinggi pratama meninjau langsung lokasi pembangunan sumur bor dan hunian sementara yang telah dibangun Kanwil Kemenkumham NTB. Selain membangun fasilitas umum dan instalasi air bersih, jajaran Kanwil Kemenkumham NTB juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis secara rutin bagi warga Desa Selengan yang terdiri dari tiga belas dusun.

Usai menyampaikan sambutan pada kegiatan program pemulihan Lombok, Bambang Rantam beserta seluruh pimpinan tinggi madya dan pimpinan tinggi pratama melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan masjid di Desa Selengan. Dengan pembangunan rumah ibadah, sumur bor dan fasilitas lainnya diharapkan dapat bermanfaat bagi warga di Desa Selengan dan Lombok dapat kembali pulih secepatnya. Setelah acara usai, Sekjen memberikan secara simbolis bantuan berupa sarung kepada Plt. Kakanwil Kemenkumham NTB untuk diberikan kepada warga Desa Selengan. (Humas Kanwil Kemenkumham RI Prov NTB/red)