11 Tips Sederhana Aman dan Lancar Saat Bersepeda Motor Musim Hujan

PWRIonline.com

Jakarta – Musim hujan sudah mulai datang lagi. Prediksi musim hujan ini juga sempat disampaikan Badan Meteorologi dan Geofisika beberapa waktu lalu.

Karena itu, butuh beberapa persiapan untuk menghadapinya, terutama bagi Anda yang biasa beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor.

Berikut beberapa tips sederhana dari berbagai sumber yang bisa membantu menyelamatkan Anda bersepeda motor ketika hujan turun:

Cek Kondisi Ban, Lakukan pengecekan berkala untuk tekanan angin ban agar selalu dalam kondisi cukup (tidak kempes maupun terlalu keras).

Pastikan Rem Prima,Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan Anda yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Pastikan Lampu Kendaraan Menyala, Lampu merupakan salah satu alat komunikasi antar kendaraan. Pastikan lampu depan dalam kondisi menyala dan gunakan lampu sein saat ingin berbelok.

Jas Hujan, Jas hujan akan membantu melindungi tubuh dan barang berharga dari kebasahan, serta menjaga tubuh tetap hangat. Agar lebih aman, gunakan jas hujan berbentuk jaket dan celana. Hindari jas hujan berbentuk ponco atau jubah karena rawan tersangkut di rantai atau roda. Selain itu pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendara.

Amankan Dokumen Penting, Demi keamanan, siapkan kantong plastik untuk mengamankan dokumen penting agar tidak terkena air hujan. Anda juga bisa menggunakan bagasi penyimpanan untuk menyimpan dokumen penting.

Kecepatan Berkendara , Pengendara harus bisa menjaga kecepatan berkendara dengan stabil, sehingga saat kendaraan direm, ban tidak akan tergelincir.

Jaga Jarak Aman, Jaga jarak aman kendaraan Anda dengan pengendara lain karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

Waspada Genangan Air atau Lubang,Hindari apabila Anda melihat genangan air, selain percikan tersebut bisa merugikan orang lain, genangan air bisa juga merupakan lubang besar.

Jangan Paksa Terobos Banjir, Apabila terjebak banjir dan kendaraan Anda mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan Anda, jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ke tempat aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian Anda mengalami korsleting dan dapat membuat kendaran Anda terbakar.

Jangan Berteduh di Kolong Jembatan,Berhenti di kolong jembatan saat hujan merupakan salah satu pelanggaran. Apabila imbauan ini tak digubris, polisi bisa saja menerapkan pasal 282 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jika terpaksa berteduh, pilihlah tempat yang tidak menggangu pengendara lainnya.

Hubungi Petugas, Apabila menemukan genangan air, pohon tumbang ataupun membutuhkan derek untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya bisa menginformasikan ke TMC Ditlantas Polda Metro Jaya 021-52960770 atau SMS 1717.

Semoga tips di atas bermanfaat dan tetap berhati-hati! Jangan lupa menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup agar selalu fit. Selamat beraktivitas

(PMJ/Adit)